Avoir Froid De La Solitude De La Vie

J'ai trois fenetres ma chambre, l'amout, la mer, la mort, et toi...?

Wednesday, December 14, 2005

Kenapa yaa...? Menikah itu bukan hal gampang lohh...!

Sebuah tulisan kontradiktif dari apa yag sudah saya tulis sebelumnya, yaaa.., tulisan ini.

Let me explain first, tulisan yang sebelumnya adalah sudut pandang seorang sahabat, sedangkan yang ini adalah pendapat saya sendiri. Sahabat saya, penganut pandangan konservatif menurut saya, yang lebih suka pernikahan ”umur wajar”. Yang dimaksud ”umur wajar” disini adalah pernikahan yang bukan dilakukan saat kita umur kepala tiga yang tidak ditunda dengan sengaja oleh banyak faktor. Garis bawahi, bukan karena faktor belum dapet orang yang naksir atau ditaksir, a.k.a ga laku.

Sebuah pernikahan, bukan sesuatu yang main-main. Banyak sekali hal yang dipertimbangkan untuk menyelaraskan dua manusia, termasuk latar belakang sosial, karakter, kaluarga. Proses pencarian, pemilihan, penyesuaian terhadap semua hal tersebut, bukan suatu hal yang mudah dijalankan. Setidaknya kalau bagi orang diluar sana mudah, maka tidak bagi saya.

Bayangkan saja, jika semua hal tersebut tidak dilalui dengan pemikiran yang masak, maka taruhannya adalah kegagalan perkawinan. Bukan kebahagiaan saja yang jadi korban, tapi nama baik keluarga. Blon lagi bakal jadi gunjingan keluarga besar, teman-teman di kantor.

Apabila sebuah pertanyaan kapan akan menikah dilemparkan untuk saya, maka jawaban yang akan saya berikan adalah sebagai berikut: saya akan menikah saat saya sudah memiliki kesiapan keyakinan terhadap pertimbangan-pertimbangan yang memang cukup masuk akal, untuk saya. Kalau tidak ada keyakinan, walaupun saya sudah memiliki sebuah hubungan dengan seseorang, maka sebuah perkawinan tidak akan pernah ada sampai saya menemukan orang yang memang cocok dengan profile diri, lingkungan, dan keluarga darimana saya berasal. Karena kalau pernikahan tetap dijalankan dengan ketidakyakinan yang masih terus bercokol, maka hasilnya sudah dipastikan tidak akan seperti yang diharapkan. Coba lihat banyaknya kegagalan pernikahan yang disebabkan karena ketidakpuasan terhadap pasangan, atau adanya kehadiran pihak ketiga. Kemungkinan terakhirnya adalah perceraian, atau melakukan poligami. Dan kembali lagi bahwa penyebabnya adalah karena sebuah ketidakyakinan, yang mungkin saja karena didorong oleh faktor-faktor misalnya perkawinan yang hanya karena faktor suka/asmara, kebutuhan unsur biologis, desakan orang tua, pertimbangan umur.

Setelah menikah, karena memang sayang pada pasangan, tapi mungkin tidak cinta-cinta amat, sekedar mempertimbangkan faktor-faktor di atas, lalu di tengah perkawinan bertemu seorang mantan, atau orang baru yang ternyata “tipe gue bangeet”. Yang muncul kemudian adalah ketidak-mampuan menahan hasrat yang memang belum pernah dirasakannya. Sangat wajar, dan tidak salah. Hanya salah timing. Lalu akhirnya terjadilah perselingkuhan. Punya anak lagi. Akhirnya istri/suami tahu ada kehadiran pihak ketiga. Tapi tidak bisa cerai. Terjadilah: poligami.

Hal utama yang harus dilakukan ialah kembalikan semua kepada hati kecil kita. Lakukan dengan jujur dan tanpa paksaan apapun dan dari pihak manapun. Bukan paksaan dari lingkungan, orang tua, atau bahkan ego kita sendiri. Apa betul saat ini adalah waktu yang tepat untuk menikah, jika ya, apakah betul orang ini adalah orang yang tepat. Kalau jawabannya tidak, segera ambil tindakan dengan menunda waktu pernikahan untuk kembali berpikir, atau malah mengambil tindakan frontal yaitu segera cari orang lain. Itu jauh lebih baik daripada membuang waktu dan umur.

Maka, jangan pernah melakukan sebuah pernikahan hanya karena suatu paksaan secara sosial, lingkungan, “kewajiban yang tak tampak” wujudnya. Wujudkan semuanya hanya karena sebuah ”suara” yang menciptakan satu keyakinan: Yup, ini saatnya saya menikah karena dialah orangnya!


Kantor Jak Rabu 14 Des 05, 20.10

1 Comments:

  • At 12:33 PM, Blogger adam brown said…

    Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

     

Post a Comment

<< Home